Breaking News
Loading...

Info Post
Lebah madu ini lazim disebut lebah madu Italia. Lebah madu ini mempunyai sabuk kuning pada segmen pertama, kedua, dan ketinga. Panjang sayap 0,8-0,95 cm. Panjang belai 0,55-0,71 cm. Abdomen ke-6 tanpa ‘tomentum’. Warna tubuhnya bervariasi dari cokelat gelap sampai kuning hitam. Warna rambut badannya merah.  Warna lebah ratu merah kuning kecokelatan. Lebah jantan berwarna lebih muda, sifatnya sangat aktif. Lebah ini tidak mudah hijrah, asalkan ruangan sarangnya cukup luas.

Lebah ini sangat popular di Eropa, Amerika, dan Australia sebagai lebah madu ternakan. Hasil madunya tinggi, mencapai 30-60 kg per tahun. Jika diternakan di daerah yang kaya dengan sumber pakan, lebah madu ini mampu menghasilkan 200 kg madu per koloni per tahun.

Per koloninya terdiri dari 10.000-100.000 ekor lebah, yang terdiri dari 1 ekor lebah ratu, 200-300 ekor lebah jantan, dan sisanya lebah pekerja. Nilai ekonomi lebah muda ini sangat tinggi. Hasil yang  bisa diperoleh antara lain madu, royal jelly, propolis, racun lebah, lilin, dan pollen.
 
Umumnya, lebah madu ini diternakan orang dengan sarang berbingkai yang dapat diangkat dan dipindahkan. Lebah madu ini masuk ke Indonesia sebagi lebah madu ternakan yang didatangkan dari Australia. Peranan lebah madu ini sebagai serangga penyerbuk bunga sangat besar, sehingga dapat diandalkan sebagai penyerbuk bunga alam untuk meningkatkan produksi pertanian dan perkebunan.