Breaking News
Loading...

Info Post
Pada masa musim madu dilakukan tiga perangkat kegiatan, yaitu menyediakan kotak madu, melanjutkan usaha perbanyakan lebah madu, dan menggandakan jumlah koloni.Kotak madu diletakkan di atas kotak eraman sebelum kotak eraman penuh, yaitu tatkala dua bingkai srang erama masih kosong. Di antara kotak eraman dan kotak madu diletakkan saringan lebah agar lebah ratu hanya bertelur di kotak eraman.
Hasil madu baru dipanen kalau lebah sudah cukup mempunyai simpanan madu dalam sarang madunya. Madu yang diambil adalah madu yang berada dalam petak-petak yang sel madunya telah tertutup dengan menyisakan dua buah sarang yang masih berisi madu

Untuk mengambil kotak madu, di bawah kotak dipasang penutup dengan lubang porter. Lubang porter adalah lubang yang bisa dilalui lebah hanya dengan satu jurusan.Bingkai sarang madu diekstraksi untuk diambil madunya.

Di daerah pesisir, kamar madu jarang berisi karena koloni lebah sering berpindah tempat akibat kepanasan. Jumlah lebah dalam satu koloni sering tidak pernah cukup untuk mengisi kamar madu. Dengan demikian, kamar tempat telur dan tempayak dapat juga diambil madunya. Namun, yang diambil hanyalah sarang-sarang yang sebagian besar berisi madu tertutup. Sarang-sarang terbuka dan berisi telur atau tempayak jangan diambil.

v  Perlu dilakukan empat kegiatan selama masa panen madu.
-        Mengambil kotak madu yang sudah masak.
-        Mengekstraksi madu dengan ekstraktor.
-        Memeriksa persediaan madu untuk koloni pada kotak eraman.
-        Mengganti lebah ratu jika dianggap perlu.
Next
This is the most recent post.
Older Post