Breaking News
Loading...

Info Post

Jika kandang sudah siap, peternak tinggal mengisinya dengan bibit unggul lebah yang bebas dari hama dan penyakit. Per kandang, lebah ungul jenis impor, Apis mellifera, dapat menghasilkan madu sekitar 45 kg per tahun. Lebah madu lokal, Apis indica, 7 kg per tahun. 

Pemilihan bibit dapat dilakukan dengan membeli koloni baru berisi lebah pekerja sekitar 8.000-12.000 ekor, atau 4-6 bingkai sarang per koloni. Dapat juga bibit baru itu diperoleh dengan memecah sarang koloni yang kuat, atau menangkap koloni yang minggat.

Bibit lebah dipindahkan ke dalam kandang yang baru pada malam hari agar lebih mudah. Caranya, tutup dan kotak sarang madu kandang baru diangkat, sehingga yang tertinggal kotak penelurannya saja. Kandang lama dibuka. Sisir-sisir sarang yang menempel di kayu diiris-iris satu persatu dan diikat dengan tali raffia pad bingkai-bingkai, kemudian dipasang dalam kotak peneluran di kandang pemeliharaan yang baru. Semua sisir sarang di kandang lama harus diangkat semua. Jangan ada yang tertinggal satu pun. Kalau ratunya tertinggal, semua lebah tidak mau menempati kandang yang baru.

Jika sudah selesai, penyekat di atas bingkai-bingkai dipasang pelan-pelan dengan memberi kesempatan kepada lebah-lebah untuk turun ke bawah. Jika semua lebah sudah berada dalam kotak peneluran, berarti pekerjaan sudah beres. Selanjutnya tinggal memasang kotak sarang madu beserta bingkai-bingkai dan penyekat di atasnya.

Setelah tutup atap dipasang, kandang lebah yang telah siap ini diletakkan di tempat aman. Tempat itu harus teduh, bebas dari asap, dan tidak mudah terganggu hama atua predator pemangsa serangga.

Sekitar seminggu kemudian sisir sarang yang diiris-iris sudah direkatkan kembali oleh lebah pakerja pada bingkai. Tali raffia pengikatnya harus dilepas agar tidak mengganggu kehidupan lebah selanjutnya.

Selama seminggu pertama tinggal di kandang baru, lebah jangan diusik-usik. Biarkan mereka hidup tenang menyiapkan sisir sarang tempat peneluran. Minggu berikutnya mulai diperhatikan dan diperiksa kebersihan kandangnya. Kalau ada cecak, kupu-kupu, atau hama lainnya, segera singkirkan hama-hama itu.

Jika bingkai-bingkai penuh sisir, berarti lebah ratu subur. Di atas kotak peneluran perlu ditambah lagi kotak peneluran baru sehingga menjadi bersusun. Kalau tak punya kotak peneluran lagi, sebagian sisir bisa dipanen, misalnya tiga sisir. Pada bekasnya dapat ditaruh sisir baru.

Pada waktu musim bunga, sekitar 2,5 bulan setelah bibit baru dipelihara, hasil madu sudah dipanen. Yang dipanen sisir madu yang sudah tertutup selnya. Yang belum tertutup jangan dipanen. Madu dalam sel yang belum tertutup masih banyak mengandung air. Madu seperti itu cepat rusak karena peragian.

Usahakan dalam sarang lebah selalu terdapat telur dan tempayak agar koloni lebah dalam kandang tidak minggat meninggalkan sarang. Persediaan pakan perlu dijaga agar selalu cukup, sehingga tak ada kemungkinan koloni lebah berpindah tempat.