Breaking News
Loading...

Info Post
Lebah jantan atau raja tidak bekerja. Cirinya yang menarik perhatian adalah matanya yang besar. Mata itu terdiri dari faset yang lebih banyak daripada faset pada mata lebah pakerja dan lebah ratu. 

Lebah jantan berukuran lebah kecil dari pada lebah ratu, tetapi lebih besar daripada lebah pekerja. Warnanya kehitam-hitaman. Suara dengungnya keras. Kakinya tidak mempunyai bakul untuk menyimpan tepung sari bunga, bibirnya tidak memiliki selang pipa penghisap madu. Ekor pada ujung abdomennya tidak bersengat. Sifatnya tenang. 

Umumnya, telur lebah jantan menetas setelah 3 hari diletakkan di dalam sel. Selama 5 hari larva itu terus-menerus makan sampai berubah menjadi kepompong. Setelah 16 hari berkepompong, muncullah bentuk lebah jantan. 

Umur lebah jantan hanya sekitar 3 bulan. Tugasnya hanyalah mengawini lebah ratu muda. Masa birahinya muncul pada umur 38 hari sejak telur menghuni sel sarang.

1.      Penghuni Sarang yang Malas

Lebah jantan merupakan penghuni sarang yang malas. Sangat doyan makan. Makannya disuapi lebah pekerja. 

Lebah jantan hampir tidak pernah keluar sarang, kecuali pada masa perkawinan. Di dalam sarang, ia bertugas menjaga sarang, membersihkan sarang dari kotoran, dan beberapa tugas ringan lainnya.

2.      Fungsi Lebah Jantan

Fungsi utama lebah jantan adalah mengawini calon lebah ratu. Agar mampu memenuhi tuntutan itu, bagian dada lebah jantan dilengkapi dengan otot-otot yang kuat dan mata yang besar. 

Alat kelamin lebah jantan berbentuk istimewa. Batang zakarnya sangat besar. Setelah perkawinan berlangsung beberapa detik, lebah jantan sering mengalami ajalnya. Ia mati karena pangkal batang zakarnya patah terpuntir ketika terjepit liang vagina pada saat dicabut, atau abdomennya pecah ketika berusaha memisahkan diri dari lebah ratu. 

Hanya satu lebah jantan yang bisa mengawini lebah ratu, dan itu cukup untuk membuahi sekitar 20 juta telur. Setelah kawin, lebah jantan mati karena kehabisan tenaga.

3.      Dibatasi Jumlahnya

Setelah perkawinan terjadi, lebah jantan yang tidak terpilih untuk mengawini lebah ratu diabaikan oleh sesama penghuni sarang. Mereka dianggap tak berguna lagi. Saat pakan langka karena paceklik, lebah pekerja mengusirnya keluar sarang. Lebah jantan yang tak bisa mencari pakan akan segera terlantar dan mati kelaparan. Yang mencoba masuk kembali ke sarang akan diserang sampai mati. 

Masa hidup lebah jantan tidak dapat di ukur dengan waktu tepat, karena ada yang mati secara alami dan ada yang mati dimangsa predator. Masa hidupnya rata-rata berkisar antara 4-6 minggu dari saat dewasa atau antara 8-10 minggu minggu terhitung sejak telur menetas menjadi larva. 

Dalam suatu kelompok lebah besar, rata-rata terdapat 200-300 ekor lebah jantan. Lebah jantan itu tidak dipedulikan oleh lebah ratu yang sudah kawin dan bertelur.Dalam peternakan yang teratur, jumlah lebah jantan dalam satu koloni sering dikurangi atau sengaja dibuang sebagian oleh peternaknya.